Total Tayangan

JavaS


I made this widget at MyFlashFetish.com.

Sabtu, 04 Desember 2010

Materi TIK kelas 9(IX)

Bab 1

A. Internet
     Internet adalah singkatan dari"inter connected-network" jaringan komputer yang saling berhubungan satu sama lainnya, dalam skala banyak atau besar di seluruh dunia.

B. Kegunaan Internet

1. Untuk mendapat informasi
    Internet dapat digunakan untuk mencari dalam bidang yang sangat luas yaitu baik dalam bidang ekonomi,politik,sosial,budaya,dan sebagainya. Informasi yang diperoleh melalui internet,dapat berupa, teks(web),maupun berupa gambar(picture). Pencarian informasi pada internet biasanya melalui bantuan mesin percari (Search Engine) seperti Google, Yahoo, Opera, Safari, dan sebagainya.

2. Untuk Kirim-kirim surat
Internet dapat digunakan untuk berkirim-kirim surat yaitu dengan menggunakan fasilitas E-mail(Elektronic Mail). Dengan e-mail seseorang dapat berkirim sutrat ke luar negeri atau ke alamat tujuan yang sangat jauh dengan biaya yang sangat murah dan waktu yang sangat cepat, surat tersebut sudah sampai ke alamat tujuan.

3. Untuk mengadakan komunikasi langsung (chattig)
 Komunikasi secara langsung dapat dilakukan oleh duaorang yang sedang menggunakan computer untuk mengadakan komunikasi langsung maka computer tersebut harus berhubungan dengan suatu jaringan. Jaringan internet mempunyai cakupan yang sangat luas yaitu meliputi seluruh dunia, sehingga pengguna internet di Indonesia dapat berkomunikasi langsung dengan pengguna computer di Amerika atau pengguna-pengguna computer di Negara lain.
Chstting biasanya dilakukan dalam bentuk tulisan atau berupa teks, namun saekarang dengan tambahan peralatan karena internet yang melakukan chatting dapat saling melihat dan dapat melakukan pembicaraan.
Ada beberapa program yang dapat digunakan untuk melakukan chatting. Program-program itu adalah program Klient IRC, fasilitas Webchart dari sebuah situs internet dan program instant messenger.

4. Untuk melakukan transaksi dagang
 Dengan internet seseorang dapat berbelanja tanpa harus pergi ke took atau ke pasar. Berbelanja dapat dilakukan dari rumah dengan memilih barang dan membayar lewat rekening maka barang akan diantar ke rumah.

5. Untuk berdiskusi
 Dengan intenet seseorang dapat melakukan diskusi tentang berbagai bidang, baik dalam bidang politik, social, budaya, dan sebagainya. Denan menulis judul suatu permasalahan dan memberikan komentar pada internet maka beberapa saat kemusian aka nada orang lain yang memberikan tanggapan atau balasan.

6. Memasang iklan
 Pemasangan iklan pada internet akan lebih artistic dan lebih murah daripada pemasangan iklan beris di Koran, sebab sebagian besar pemasangan ilkan baris di internet adalah gratis.

7. Mengadakan pertukaran data
 Dengan internet di suatu tempat yang berjauhan dapat saling ditukarkan. Kegiatan untuk mengambil data dari computer lain sering disebut download, sedangkan kegiatan megirim data atau program ke computer lain sering disebut upload. Dengan internet dapat dimungkinkan pemain software aatu hardware secara bersama-sama.

C. Sejarah Singkat Internet

Perkembangan intenet berkaitan erat dengan penemuan-penamuan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi di masa-masa sebelumnya. Namun satu hal penting yang berkaitan erta secara langsung dengan sejarah perkembangan internet adalah bahwa internet terbentuk karena adanya computer. Jaringan computer pertama kali terbentuk pada tahun 1969 dui Amerika Serikat. Jaringan initerkenal dengan nama ARPANet.
   Pada tahun 1972, program e-mail berhasil disempurnakan oleh Roy Tomlison. Di samping tiu juga diperkenalkan ikon “@” sebagailambang yang sangat penting, dibaca”at” artinya “pada”. Tahun 1973 komputer Universal of College di London merupakan computer pertama di luar Amerika yang terhubung dengan ARPANet.
    Pada tahun 1976, tepatnya 26 Maret1976. Ratu Inggris berhasil mengirim e-mail dri Royal Signals dan Radar Establishment di Malven.
    Pada tahun 1979, Newsgroup pertama kali diciptakan oleh Tour Truscott, Jim Ellis dsan Steve Bellovin dan diberi nama USENet.
    Pada tahun 1981, France Telecom meluncurkan telepon televise pertama sehingga dimungkinkan seseorang pengguna jaringan dapat menelepon sambil berhubungan dengan video link.
   Tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol(TCP) dan Internet Protocol. Dan pada tahun 1984 diperkenalkan Domain Name Chat(DNS).
    Internet Rellay Chat (IRC) diperkenalkan pada tahun 1988 oleh Jarko Oikarinen. Dan pada tahun 1990 ada peristiwa penting dalam sejarah internet yaitu program editor dan browser yang sekarang dikenal dengan World Wide Web (WWW) ditemukan oleh Tim Berners Lee.
   Jaringn internet terus berkembang pesat dengna didirikannya beberapa perusahaan yang melayani jasa internet dan pemakaiannya yang sangat praktis, modern dan murah.

D. Istilah-istilah Penting Dalam Internet

Beberapa istilah penting yang berkaitan dengan internt, antara lain,:

  1. Account, yaitu nama yang terdaftar sebagai anggota dan berhak menggunakan fasilitas yang ada pada suatu situs internet.
  2. Attachment, yaitu lampiran yang disertakan pada e-mail
  3. BCC(Blind Carbon Copy), yaitu tembusan pesan e-mail kepada pihak ketiga tanpa sepengetahuan pihak kedua.
  4. Browser,  yaitu program Bantu untuk menjelajahi internet.
  5. Browsing, yaitu mempelajari internet.
  6. CC(Carbon Copy), yaitu tembusan pesan e-mail yang dikrim kepada pihak ketiga dan dapat diketahui oleh pihak kedua.
  7. Chatting, yaitu melakukan komunikasi secara langsung di internet secara tertulis atau berupa teks.
  8. Dial-up, yaitu hubungan ke internet melalui jaringan telepon.
  9. Domain name, yaitu nama alamat di internet.
  10. Download, yaitu menyalin data atau informasi dari computer lain ke computer kita. Lawan dari download adalah Upload.
  11. E-card, yaitu kartu yang dikirim melalui internet.
  12. E-mail, yaitu surat-menyurat melalui internet
  13. Freeware, yaitu  perangkat lunak atau program aplikasi yang dapat disaling secara gratis.
  14. FTP(File Transper Protocol), yaitu layanan pada internet yang menangani lalu lintas transfer data antar computer di intaernet.
  15. Homepage, yaitu halama awal sebuah situs internet.
  16. HTML(Hyper Text Markup Language), yaitu bahasa yang digunakan untuk megolah serangkaian data sehingga informasi yang diakses dan ditampilkan di internet melalui layana web.
  17. HTTP(Hyper Text Transfer Protocol), yaitu bahasa internet yang menanganai lalu lintas pengiriman data sehingga informasi yang diakes pengguna internet dapat ditampilkan.
  18. Hyperlink,  yaitu objek pada halaman sebuah situs yang terhubung dengan halaman situs yang lain.
  19. Ip Addres,  yaitu kode penamaan computer yang terhubungan ke jaringan local atau internet berupa urutan angka seperti 172.15.10.10.
  20. IRC(Internet Relay Chat), yaitu layanan jaringan internet untuk berkomunikasi secara langsung melalui media teks.
  21. ISP(Internet Service Provider), yaitu operator penyedia jasa internet.
  22. LAN(Local Area Network), yaitu jaringan computer yang memppunyai cakupan geografis aling sempit b, bisanya berada dalam suatu ruangan atau kantor.
  23. Login, yaitu masuk ke suatu fasilitas internet biasanya dengan menuliskan User ID dan satuan internet.
  24. Modem, yaitu perangkat keras yang berfungsi untuk menghubungkan computer dengan satuan internet.
  25. Noclname, yaitu nama samaran.
  26. On line,  yaitu terhubung secara langsung dengan internet.
  27. Password, kata sandi yang digunakan untuk menjaga kerahasiaan.
  28. Registran, yaitu badan yang mempunyai wewenang untuk melakukan registrasi domain di internet.
  29. Search engine,  yaitu mesin percari di internet untuk mencari topic tertentu dengan menuliskan kata kunci.
  30. Server, yaitu suatu computer yang digunakan sebagai pusat dalam jaringan computer.
  31. Shareware, yaitu pernangkat lunak yang dalam jangka pendek dapat disalin secara gratis.Tetapi, pemakaian dalam jangka panjangharus membayar lisensinya.
  32. SMTP(Simple Mail Transfer Protocol), yaitubahsa internet yang menangani pengiriman e-mail
  33. TCP(Transmission Control Protocol/ Internt Protocol), yaitu standar komunikasi dan pengiriman program yang berlaku di internet yang memungkinkan berbagai jenis program dan computer dapat saling berhubungan.
  34. URL(Uniform Resource Location), yaitu alamat intrnet dari situs web sebagai sumber informasi.
  35. User ID,  yaitu identitas dari pemakai internet untuk mengakses suatu account.
  36. WWW(World Wide Web), yaitu jaringan situs wweb terbesar sebagai pengelola pengalaman   situs    web di internet.
 E. Aplikasi Internet

1. WWW(World Wide Web)
 Adalah dokumen-dokumen yang tersimpan di dalam server-server yang terdapat di seluruh dunia. Dokumen web tersebut dibuat menggunakan bahasa pemograman HTML(Hyperlink Text Markup Language). HTML mempunyai kemampuan     mengahubungkan (Link) sebuah dokumen ke dokumen yang lain.

2. E-mail 

Adalah aplikasi internet untuk sarana surat menyurat dalam bentuk elektronik

3. Mailing List (Milis)

Adalah aplikasi internet yang digunsakan sebagai sarana diskusi (Bertukar informasi)
Dalam satu kelompok melalui e-mail. Setiap e-mail yang dikirim ke dalam milis akan dikirimkan ke seluruh alamat e-mail yang terdaftar sebagai anggota milis tersebut (bentuk lain e-mail).

4. IRC (Internet Relay Chat)

Adalah aplikasi internet yang digunakan untuk bercakap-cakap dalam bentuk teks.

5. FTP (File Ttansfer Protocol)

Adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengirim atau mengambil file/data dari computer satu ke computer lainnya. FTP memungkinkan transfer data lebih cepat.

6. Telnet

Adalah aplikasi internet yang figunakan untuk mengakses computer yang letaknya jauh. Telnet dapat digunakan apabila kita mempunyai IP Adress dari computer yang akan diakses dan kita juga mempunyai hak akses (User ID dan Password) ke computer tersebut.

7. Ghoper

Adalah aplikasi yang du\igunakan untuk mancari informasi di internet namuna,a Ghoper hanya terbatas pada teks saja.

8. Ping

Adalah aplikasi yang digunakan untuk mengetahui apakah computer terhubung (Terkoneksi)
F. Pemanfaatan internet untuk bisnis dan pendidikan

  1. E-Commerce

Perdagangan secara elektronik adalah perdagangan yang dilkukan dengan memnfaatkan jaringan telekomunikasi (internet). Perdagangan secara elektronik memberikan keuntungan bagi perusahaan diantaranya:

  • Memungkinkan perusahaan untuk menjual produknya kepasa lebih banyak orang
  • Perusahaan tidak perlu banyak mambuka cabang distribusi
  • Biaya yang dikeluarkan dapat dikurangi karena tidak memerlukan tempat yang besar dan pegawai yang banyak
  • Karena biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan lebih rendah, maka barang yang di jual lebih murah .
Keuntungan yang diperoleh konsumen diantanya:

  • Konsumen tidak perlu mendatangi toko, cukup memesan saja.
  • Konsumen dapat menghemat waktu dan biaya
  • Konsumen mempunyai lebih banyak pilihan karena dapat membandingkan semua produk yang ada di internet.
  • Konsumen dapat membeli barang yang terdapat di Negara lain yang dalam negeri mungkin yang belum ada sekali pun.
  • Harga barang yang dibeli menjadi lebih rendah

  1. Internet Banking

Sering disebut juga Cyber Banking, Virtual Banking, Home Banking dan Oline Bnaking. Internet Banking adalah suatu kegiatan perbankan yang dari rumag, kanti\orm atau tempat lain.
Hal ini akan menghemat waktu dan biaya perjalanan bagi nasabah. Keuntungan yang lain, nasabah dapat malakukan transaksi perbankan kapan saja dan dari mana saja (asalkan tersedia internet) sedangkan bagi pihak, internet banking mumingkinkan bank untuk mengurangi biaya opersional. Internet banking akan mengurangi nasabah yang dating ke bank, sehingga bank dapat menggunakan kantor yang lebih kecil dan pegawai yang sedikit. Kedua hal tersebut menyebabkan bank dapa mengurangi sewa tempat dan gaji.
Transaksi yang dapat dilakukan melalui internet banking adalah transfer uang, pengecekkan saldo, pemindahbukuan, pembayaran tagihan, informasi rekening, transaksi, dan lain-lain. Transaksi yang berhubungan dengan cara biasa yaitu melalui Teller bank atau ATM.
Salah satu bank didunia yang merupakan pionir dari internet banking adalh Security first network bank (SFNB-WWW SFNB.com) sedangkan di Indonesia, bank-bankl yang telah menyediakan jasa internet banking antara lain BCA, Bank mandiri, Lippo bank, BII, dan lain-lain.

Keamanan data dalam transaksi di internet
 Beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menjaga transaksi yang aman melalui took online dan internet banking adalah:

  1. Kita harus memahami prosedur yang diberikan oleh bamk termasuk aspe-aspek penting sehubung dengan keamanan data, sehingga data kita jatuh ke tangan orang lain.
  2. Setelah selesai menggunakan layanan took online/internet banking kita harus memastikan telah keluar dari layanan tersebut (logout), sebelum menutup browser, atau meninggalkan computer yang digunakan.
  3. Kita tidak boleh meninggalkan computer jika kita sedang login di internet banking.
  4. Komputer kita harus dilengkapi anti virus yang selalu aktif dan upodate. Anti virus akan mencegah masuknya virus spyware yang dapat merekam dan dapat mencuri data-data kita.
  5. Gunakan hanya computer pribasi untuk mengaksus layanan took online dan internet banking. Kita tidak boleh menggunakan computer yang biasa diakses oleh orang lain atau”warnet”.
  6. Kita harus menjaga dengan aman onformasi tentang nomor kartu kresit. Use password milik kita.

Bab 2
A, Jaringan Komputer
Adalah sekumpulan computer yang saling berhubungan satu sana lainnya]
     B. Mnfaat Jaringan Komputer
1. Membagi sumber daya 
 Jaringan komputer dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk membagi sumber daya yang ada . Sumber daya dapat berupa perlengkapan komputer seperti, printer, data-data-file-file, dan program-program.
2. Reabilitas tinggi
 Jaringan komputer memungkinkan kita untuk mengcopy data kedua/ ketiga komputer bahkan lebih. Tidak hanya tersimpan pada satu komputer data-datanya.
3. Menghemat uang
Dengan menggunakan jaringan perusahaan dapat menghemat peralatan yang harus digunakan. Misalnya :Printer.
4. Sarana Komunikasi
Jaringan komputer dapat dimanfaatkan oleh perusahaan/ organisasi. Contohnya: Ketika memberikan pengumuman rapat, pemimpin perusahaan tidak perlu mengirimkan surat kepada staf-stafnya dan video rekorder.
C. Jaringan computer manutut medianya di bagi tiga bagian, yaitu:
1. Kabel
2. Wirelwss (Gelombang rasio)
3. USAT (Satelit)
D. Jaringan komuter manurut Area
1. LAN (Local Area Network)
Adalah jaringan yang terdapat si dalam gedung, perkantoran, sekolah, dan lain-lain.
2. MAN (Metropolitan Area Netwok)
Adalah jangkauan untuk luar kota,contohnya: Borma Jakarta dan BEC.]
3. WAN (Wide Area Network
Adalah jaringan computer yang mencakup area yang sangat luas secara geografis.
E. Pengertian perangkat Jaringan Komputer
Server dan client
1. Komputer Server
Umumnya, mempunyai system operasi, aplikasi dan database yang menyediakan layanan kepada computer lain dalam jaringan.
2. Komputer Client
Adalah computer yang digunakan untuk melakukan pengolahan data yang diambil dari server dan melayani pelayanan dari kompter server.
3. Router
Router
Berfungsi untuk megatur aliran data dari satu jaringan ke jaringan yang lain. Ada dua jenis roter yang biasa digunakan,
  • Router dedicated: yang merupakan keluaran dari pabrik
  • Router PC: computer PC yang dibuat menjadi router.


4. Bridge
Bridge
Adalah perangkat jaringan yang digunakan untuk menghubungkan sebuah jaringan (LAN) dengan jaringan lain.



5. Repeater
Repeater


Berfungsi untuk memperkuat sinyal di jaringan







HUB



 6. Hub / switch
Berfungsi untuk membagi sinyal data dari LAN Card/ sebagai penguat sinyal.

7. Wifi
Wifi
Adalah singkatan dari”Wireless Fidelty” kecepatannya mencapai 2,46 Hz atau 11 Mbps








LAN Card
8. LAN Card
Adalah perangkat keras jaringan yang dipasangkan di motherboard computer yang terdapat di jaringan (baik server maupun Client).






9. Modem ADSL
Adalah singkatan dari Asymmentrical Digital Subcriber
Lingi yang merupakan teknologi yang mengirimkan sinyal-sinyal melalui kabel tembaga pada frekuensi yang berbeda dengan frekuensi yang digunakan untuk pelayanan telepom.
Bila ingin megakses internet menggunakan teknologi ADSL, kita harus mempunyai modem ADSL, jalur telepon dan mendaftar pada ISP yang mempunyai laynan ADSL.
Karena penggunaan teknologi yang berbeda dengan koneksi melalui Dial-UP, harus menggunakan modem yang berbeda dengan modem yang du\igunakan pada koneksi Dial-UP. Modem ADSL juga merupakan modem yang digunakan pada koneksi ADSL.
10. 3GI
Adalah teknologi komunikasi generasi ke-3 (Third Generation) atau lebih popular dengan nama 3G (Triji). 3G adalah   teknologi komunikasi nirkabel (wireless) yang dirancang dengan kecepatan tinggi. Kecepatan 3G dirancang sebesar 2 Mbps. Dengan ukuran sebesar ini, pengiriman secara video call, dan lain-lain akan lebih baik.
Jika ingin menggunakan 3G, kita membutuhkan sebuah handpone yang dilengkapi teknologi 3G dan simcard dari operator selular tertentu yang menyediakan layanan 3G. Nomer handpone harus terdaftas pelanggan 3G.
11. HDSPA

F. Kabel yang Sering Digunakan Dalam Perangkat Keras Komputer

  1. Kabel UTP
UTP merupaka singkatan dari Unshielded twisted-air cable. Dan merupakan media yang tersusun atas 4 pasang wire dan digunakan untuk bermacam-macam network.
Kelebihan Kabel UTP:
  1. Mudah diinstal
  2. Lebih murah dibandingkan tipe media yang lain
  3. Memiliki diameter kecil, sehingga mempermudah dalam membuat saluran kebel.
Kekurangan kebel UTP
  1. Lebih mudah terkena interferensi *elektromagnetik dan noise
  2. Jarak maksimum kebel lebih kecil di bandingkan dengan kabel koaksial
  3. Lebih lambat dalam tranmisi data.
  1. Kabel Koaksial
Kabel ini ditemukan oleh Opiver Heavi Side. Kabel ini merupakan kabel yang terdiri dari dua buah konduktor, yaitu terletak di tengah kabel yang terbuat dari tembaga keras yang di lapisi dengan isolator dan melingkar di luar isolator pertama tertutup oleh isolator luar.
Bagian kabel koaksial:
  1. Pelindung luar
  2. Pelindung berupa anyaman tembaga
  3. Isolator plastic
Kelebihan:
  1. Kapasitas bandwith
  2. Jangkauan tranmisi yang lebih besar
  3. Pengiriman informasi yang lebih cepat
  4. Lebih murah dari sert optic
Kekurangan:
  1. Sulit dalam instalasinya
  2. Sering mengakibatkan masalah dalam koneksi jika ada kedua ujung yang tidak di ground dengan baik.
  3. Lebih mahal jika dibandingkan dengan kabel tembaga.
  1. Kabel Fiber Optik
Merupakan kabel jaringan yang dapat mentrunsmisi cahaya.
Jenis kabel Fiber Optik:
  1. Single mode: dapat menjangkau jarak lebih jauh, hanya mengirim 1 sinyal
  2. Multi mode: Mengirim sinyal yang berbeda pada saat bersamaan.
Koneksi kabel Fiber Optik:
  1. Mode ST: berbentuk lingkaran
  2. KoneksiSC: berbentuk persegi
Kelebihan:
  1. Kecepatan sangat tinggi
  2. Tidak kena noise
  3. Kapasitas besar
  4. Jarak sangat jauh (kilometer)
  5. Kabel tipis
  6. Tidak bias disadap
Kekurangan:
  1. Instalasi agak sulit
  2. Harga mahal.

G. Komunikasi dan Keamanan Jaringan Komputer

  1. Komunikasi data
Adalah pengiriman dan penerimaan data jaringan computer yang terhubung ssecara local maupun jaringan yang skalanya lebih luas seperti Internet.
  1. Komponen komunikasi data dibagi menjadi 5 bagian
  1. Mengirim                      : perangkat yang digunakan untuk mengirim data
  2. menerima                      : perangkat yang digunakan untuk menerima data
  3. Data                             : informasi yang akan dipindahkan dari sebuah computer ke computer lainnya.
  4. Media pengirim : Saluran yang mengirim/ menghubungkan computer satu dengan computer lainnya dalam sebuah jaringan yang berfungsi untuk mengirikm data.
  5. Protokol                       : aturan-aturan yang digunakan untuk menyelaraskan atau menghubungkan satu computer dengan computer lainnya. Dalam protocol terdapat lapisan:
-         Aplication layer: Berfungsi sebagai interface (antarmuka) antara pengguna dan data-data. Pada lapisan ini terdapat semua aplikasi yang menggunakan protocol TCP/IP
-         Transport layer: Berfungsi untuk mengadakan komunikasi antara dua host computer. Protocol yang ada pada lapisan ini adalah TCP(Ttansmision Control Protocol) dan UDP (User Datagram Protocol).
-         Internet layer: Berfungsi untuk menyampaikan paket data ke alarm yang tepat, IT, ACP.
-         Network Interface Layer: Berfungsi mengirim dan menerima data dari media fisik jaringan.
  1. Kemanan Data
  1. Fungsi kemanan
Untuk menjaga / melindungi data
  1. Hacking            : merupakan kegiatan yang memsuki suatu jaringan secara illegal.
*Hacker adalah orang uang melakukan Hacking
  1. Cracking          : meupakan kegiatan memasuki suatu system dalam sebuah jaringan secara illegal denga tujuan mencuri, menghancurkan, atau mengubah file atau data.
*Cracing adalah orang yang melakukan Cracking
#Tujuan Hacker untuk belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar dengan baik ya...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

cute